Segudang Keistimewaan Kota Jogja yang Instagramable Banget!

Masa muda merupakan masa-masa paling bergelora di dalam hidup. Siapa sih yang tak ingin memiliki pengalaman menarik dengan menyusuri berbagai tempat yang indah dan mengukir kenangan yang sama indahnya? Kamu harus datang ke beberapa tempat wisata ini supaya masa mudamu lebih bergelora!

1. Kedung Pedut

kedung pedut girimulyo kulonprogo
Jika kamu ingin melihat sebuah danau bewarna biru toska dengan dikelilingi pemandangan menakjubkan, kamu hanya perlu pergi ke Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Tempat itu bernama Kedung Pundut, sebuah waterpark alami dengan sumber mata air setinggi lima belas meter!

Kamu bisa menikmatinya sambil bersantai atau sambil menguji adrenalin dengan melompat ke dalam kolam dari bebatuan yang ada di sana. Untuk menikmati keindahan Kedung Pedut kamu cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp3.000,00.

2. Cave Tubing Kalisuci

cave tubing kalisuci
Wisata ini terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jangan takut untuk mencobanya, karena ada pemandu berpengalaman yang siap mendampingi wisata Cave Tubing-mu di sini. Alat-alat kelengkapan seperti helm, jaket pelampung, dan pelindung kaki disediakan agar kamu lebih aman dan nyaman ketika berarum jeram.

Nantinya terdapat dua gua yang benar-benar gelap yang akan kamu lewati. Walaupun headlamp adalah satu-satunya sumber penerangan, jangan takut untuk mencobanya. Untuk menikmati rangkaian wisata Cave Tubing Kalisuci ini kamu perlu merogoh kocek sebersar Rp70.000,00 saja. Harga tersebut sudah termasuk pemandu, berbagai peralatan, dan juga satu kali makan setelah melakukan kegiatan.

3. Blue Lagoon

blue lagoonPemandian dengan nama resmi Pemandian Setia Budi merupakan pemandian alami yang tak ada duanya yang terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Pemandian alami ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis dengan kolam berbentuk ceruk alami berwarna biru kehijauan.

Bagi kamu yang ingin menggugah adrenalin, kamu bisa berseluncur di bendungan-bendungan kecil dengan ban yang disewakan di tempat tersebut. Atau jika tidak ingin menyewa ban, kamu bisa langsung meloncat dari bendungan-bendungan tersebut. Hal ini cukup aman dilakukan, karena ceruk Blue Lagoon ini cukup dalam.

Untuk menikmati keindahan pemandian Setia Budi atau yang lebih dikenal sebagai Blue Lagoon ini, kamu hanya cukup membayar Rp2.000,00 saja. Terjangkau, bukan? Wisata air ini buka pukul tujuh pagi dan tutup saat menjelang petang.

4. Pantai Jogan

pantai joganPantai yang terletak di Tepus, Gunung Kidul, sebelah barat Pantai Siung ini nampaknya masih jarang didatangi oleh para wisatawan. Pantai ini cukup unik, karena terdapat perpaduan antara air tawar yang bersumber dari air terjun dan air asin yang bersumber dari laut.

Jika kamu memiliki peralatan dan kemampuan yang mumpuni dalam teknik canyoning atau rappelling, sangat dianjurkan untuk turun karena kamu bisa menguji adrenalinmu sembari merasakan kesegaran air terjun ini. Jika kamu takut melakukan hal tersebut, tenang saja, kamu dapat menggunakan kayu-kayu pegangan yang tersedia. Perlu kehati-hatian dan kewaspadaan saat turun mengenakan kayu-kayu pegangan tersebut karena jalur yang cukup curam.

Pastikan kamu mengenakan alas kaki, karena terdapat banyak bayi kepiting yang berada di karang yang harus kamu lewati. Kalau kamu mau, kamu bisa mengambil bayi kepiting itu untuk dibuat sebagai rempeyek seperti yang dilakukan penduduk sekitar.

5. Pantai Krakal

pantai krakalPantai yang terletak di Tanjungsari, Gunung Kidul ini nampaknya memang salah satu surga di daerah Gunung Kidul. Diselimuti dengan pasir putih yang memesona serta batu karang yang seakan mengintip dari balik genangan air laut membuat semuanya nampak begitu indah, sebuah karya Tuhan yang tiada celanya.

Di awal musim kemarau, berbagai biota laut tersedia di pantai ini. Ikan warna-warni dapat kamu temui di sela-sela batu karang, ada juga bintang laut yang kakinya menyembul-nyembul menyentuh udara. Selain itu munculnya lumut-lumut di bibir pantai juga menambah keindahannya.

Dan siapa sangka, Pantai Krakal ini menyembunyikan deburan ombak yang cocok untuk surfing.  Kamu hanya perlu berjalan menuju deretan batu karang di lepas pantai untuk bertemu ombak bertipe reefbreak yang cukup menantang adrenalinmu. Untuk menikmati pantai yang indah ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp10.000,00 saja saat berada di pos retribusi.

Nah, sudahkah kamu menginjakkan kaki ke tempat-tempat tersebut selama masa mudamu?